Rutin Ajak Si Kecil Main di Luar Kurangi Risiko Rabun Jauh

Selasa, 03 Oktober 2017 - 16:19 WIB
Rutin Ajak Si Kecil...
Rutin Ajak Si Kecil Main di Luar Kurangi Risiko Rabun Jauh
A A A
JAKARTA - Peneliti kembali menemukan manfaat bermain di luar ruangan bagi si kecil. Selain menghibur dan menyenangkan, bermain diuar ruangan bisa mengurangi risiko mengalami myopic refractive correction. Miopia atau rabun dekat merupakan kondisi di mana seseorang tidak bisa melihat jarak jauh namun bisa melihat jarak dekat tanpa kacamata atau lensa kontak.

Dilansir dari Daily Mail, umumnya kondisi ini terjadi selama masa awal sekolah dasar. Mereka menilai, bahwa pandangan yang kabur merupakan hal yang normal. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan mata pada anak-anak. Sementara main diluar bisa membantu anak beraktivitas fisik lebih banyak dan aktivitas tersebut bisa melindungi mereka.

Selain itu, teori lainnya mengungkapkan bahwa sinar yang lebih terang di luar dapat memberikan stimulasi dopamin dan sel khusus di dalam retina. Dopamin ini menginisiasi aliran sinyal molekul yang berakhir dengan pertumbuhan mata yang lebih lambat atau tidak ada miopia.

Namun, sebelum Anda menyuruh si kecil bermain di luar pastikan mereka telah mendapatkan perlindungan berupa tabir surya dan kacamata hitam. Meski bermain diluar bisa melindungi anak dari risiko rabun jauh, namun perhatikan juga anak tidak terkena masalah kulit akibat paparan sinar ultraviolet secara terus menerus.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)